Sabtu, 11 Mei 2019

Jadi Korban Penipuan #PinjamanOnline ? Begini Cara Melaporkannya

Jadi Korban Penipuan Online? Begini Cara Melaporkannya

Penipuan pinjaman online harus dilaporkan

Teknologi memang sudah canggih, tapi tindak kejahatan juga semakin canggih. Saat sedang lengah, kita bisa terkena penipuan pinjaman online. Oleh karena itu, kenali modus-modusnya dan bagaimana cara melaporkan penipuan pinjaman online.

Seiring dengan banyaknya orang yang mulai terbiasa dengan kemajuan teknologi, maka semakin banyak juga orang yang memanfaatkannya untuk hal-hal yang tidak baik. Kasus penipuan pinjaman online memang sering terjadi, jumlah korbannya hingga sekarang mungkin sudah mencapai banyak sekali. Penipuan pinjaman online ini dinilai lebih memiliki kerugian yang lebih besar dibanding penipuan lainnya, seperti hipnotis di tempat umum.

Waspadai Penipuan Pinjaman Online, Inilah Ciri-cirinya!
Mungkin salah satu di antara kita ada yang hampir terkena atau bahkan sudah pernah kena penipuan pinjaman online. Jika kamu merasa telah terkena penipuan pinjaman online, jangan ragu-ragu untuk melaporkannya dan jangan membiarkannya begitu saja karena tindak kejahatan yang dibiarkan pasti akan merajalela dan penipu-penipu tersebut akan menganggap remeh diri kita karena mudah tertipu.

Tapi sebelum kita membahas tentang bagaimana cara melaporkan penipuan pinjaman online, alangkah baiknya kalau kamu mengenali terlebih dahulu modus-modus penipuan pinjaman online yang marak terjadi untuk mengantisipasi atau berjaga-jaga.

===>
BUNGA TABUNGAN DEPOSITO 13% /th
MAU ? 
===>

Bagaimana jika sudah terlanjur terkena penipuan pinjaman online? Hal pertama yang kamu lakukan adalah jangan panik dan cobalah untuk berpikir dengan kepala dingin dan tenang. Ada tiga cara melaporkan penipuan pinjaman online ke polisi yang bisa kamu lakukan, seperti dikutip dari situs HaloMoney.co.id, yaitu:

1. Lapor secara online melalui situs

Penipuan pinjaman online dilaporkan secara online

Pertama adalah lapor secara online melalui situs. Cara melaporkan penipuan pinjaman online ini bisa dikatakan lebih cepat caranya karena kamu tak perlu keluar rumah dan bisa dilakukan kapan saja, apalagi jika kamu baru menyadari malam-malam kalau telah menjadi korban penipuan pinjaman online. Ada beberapa situs yang bisa kamu kunjungi seperti:

- Kredibel.co.id

Kredibel.co.id adalah situs yang bisa mengidentifikasi para si pelaku penipuan online. Cara melaporkan penipuan online shop di sini sangat mudah karena kamu cukup memasukkan nomor rekening atau nomor ponsel penjual. Nantinya situs ini akan melacak riwayat penjual berdasarkan keluhan dan laporan dari orang lain yang sudah pernah bertransaksi dengan penjual atau toko online tersebut.

- Lapor.go.id

Kalau situs Lapor.go.id ini merupakan situs yang dikembangkan oleh Staf Kepresidenan. Sebenarnya situs ini tak hanya bisa untuk melaporkan jenis kejahatan penipuan pinjaman online saja, tapi juga jenis kejahatan lainnya karena memang basicnya adalah untuk layanan pengaduan atau pelaporan online. Kalau kamu terkena penipuan pinjaman online, kamu bisa melaporkannya melalui situs ini, baik itu dari kronologi kejadian hingga bukti-bukti penipuan online.

Nantinya pihak administrator yang terdiri dari 81 kementrian atau lembaga, 44 BUMN (Badan Usaha Milik Negara), dan 5 Pemda (Pemerintah Daerah) ini akan menindaklanjuti pelaporanmu kepada pihak kepolisian terkait.

- CekRekening.id

Tampaknya sekarang pemerintah kita memang sudah canggih karena tak hanya Staf Kepresidenan saja yang punya situs pelaporan online, tapi Kementrian Komunikasi dan Informatika juga punya situs pelaporan online yang bernama CekRekening.id.

Situs ini tak hanya memiliki fungsi sebagai situs pelaporan online saja, tapi juga sebagai portal penghubung dan pengumpul database rekening bank yang pemiliknya diduga telah melakukan penipuan online.

Cara melaporkan penipuan pinjaman online di CekRekening.id adalah dengan memasukkan data informasi tentang si pelaku penipuan pinjaman online, mulai dari nama, nomor telepon, modus kejahatan online, kronologi kejadian, nomor rekening beserta nama pemiliknya, dan nama bank. Jangan lupa untuk melampirkan bukti scan pembayaran transfer dan screenshot percakapan atau chat antara kamu dan pelaku penipuan online.

===>
Tabungan DANA PESIUN mulai Rp 100rb/bl
MAU ? 
===>

2. Lapor ke kantor polisi


Penipuan Pinjaman Online dilaporkan ke polisi

Selain lapor secara online melalui situs, ada cara melaporkan penipuan pinjaman online dengan lapor ke kantor polisi. Lapor ke kantor polisi ini sebenarnya juga bisa dilakukan secara online dengan mengirimkan e-mail ke cybercrime@polri.go.id. Sertakan data dirimu, data diri pelaku penipuan pinjaman online, dan juga bukti-bukti kalau kamu telah terkena penipuan online. Jika kamu ingin datang langsung ke kantor polisi juga tidak apa-apa. Hanya saja siapkan dengan lengkap berkas yang berupa bukti pelaporanmu agar lebih mudah dan cepat diproses.

===>
TABUNGAN "JELITA" nabung 5 th jadi 180% 
+ GRATIS Asuransi 5x Tabungan
===>

3. Lapor ke bank cabang terdekat

Penipuan Pinjaman online dilaporkan ke bank

Cara melaporkan penipuan pinjaman online lainnya adalah dengan datang langsung ke cabang bank terdekat. Tujuan utamanya adalah agar rekening si pelaku bisa dengan cepat diblokir atau diblacklist oleh pihak bank sehingga tidak ada korban lainnya. Cara melaporkan penipuan pinjaman online ke bank juga bisa memungkinkan uang milikmu yang telah tertipu bisa dikembalikan lagi.

Tapi ingat ya, datanglah ke bank yang digunakan oleh pelaku penipuan pinjaman online. Bukan datang ke bank yang digunakan olehmu. Jika tidak keburu atau jam operasional bank sudah tutup, kamu bisa menghubungi call center bank tersebut atau bisa juga mengirimkan e-mail ke customer service bank.

Itulah modus-modus dan cara melaporkan penipuan pinjaman online yang bisa kamu praktekkan saat kamu sudah terlanjur menjadi korban. Tapi pastinya, untuk menghindari penipuan pinjaman online, kamu harus selalu waspada dan berhati-hati ya Moneysavers karena kejahatan online bisa datang kapan saja.


Sumber: https://www.liputan6.com/bisnis/read/3609541/jadi-korban-penipuan-online-begini-cara-melaporkannya

Penipuan Pinjaman Online mengatasnamakan KSB Koperasi Sejahtera Bersama

=======

Informasi Beberapa Product Simpanan KSB Koperasi Sejahtera Bersama

1. "DEPOSITO" dengan Bunga 13% /th

2. "JELITA" nabung 5 th jadi 180% + GRATIS Asuransi 5x Tabungan

3. Tabungan "Dana Pensiun" mulai Rp 100rb/bln

4. Tabungan "Dana Pendidikan" untuk Anak tercinta

5. Tabungan Wisata / Umroh / Haji

Info lebih lengkap silakan menghubungi Koperasi Sejahtera Bersama  CP Bams
HP/WA : 0813-9822-7343


#pinjamanonline #penipuanpinjamanonline #ksb #kspsejahterabersama

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Simpanan Berjangka Sejahtera Prima KSP-SB 13% p.a.

 Simpanan Berjangka Sejahtera Prima KSP-SB Simpanan Berjangka Sejahtera Prima (SBSP) adalah simpanan berjangka pada Koperasi Simpan ...