Kamis, 30 Januari 2020

Penipuan Daring Berkedok KSP Sejahtera Bersama

Penipuan Pinjaman Online mengatasnamakan KSP Sejahtera Bersama

MAKASSAR, BKM — Seorang pria berdiri dengan kepala terus menunduk. Ia mengenakan baju tahanan berwarna oranye. Di dada kirinya tertulis angka 07.
Di samping kiri kanannya ada dua orang polisi berbaju putih lengan panjang. Mereka adalah penyidik dari Sub Direktorat (Subdit) V Cyber Crime Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Kepolisian Daerah (Polda) Sulsel.
Lelaki berbaju tahanan itu bernama Firdaus alias Daus. Warga Kabupaten Wajo ini ditangkap karena keterlibatannya dalam kasus penipuan lewat daring (online) mengatasnamakan koperasi simpan pinjam (KSP).

Baca Juga : Simpanan Berjangka setara Deposito dgn Bagi Hasil 12% / th

Modusnya, pelaku menawarkan dana pinjaman kepada korban. Agar pencairannya bisa cepat, Daus meminta uang dengan dalih untuk biaya administrasi. Aksinya diduga telah berlangsung sejak September 2019 hingga Januari 2020.
”Awalnya, pelaku mengirimkan ribuan SMS ke nomor yang sudah diacak untuk mengiklankan pinjaman online dengan nama Koperasi Simpan Pinjam Sejahtera Bersama,” ujar Kepala Bidang Humas Polda Sulsel Kombes Pol Ibrahim Tompo dalam rilis kasus, Senin (27/1).
Dijelaskan Ibrahim, kasus ini terungkap setelah Subdit V Cyber Crime Polda Sulsel menemukan SMS iklan peminjaman secara online yang diduga merupakan modus penipuan. Setelah itu, polisi kemudian melakukan penelusuran dan menemukan pelaku.

Baca Juga : Simpan sekarang LANGSUNG UNTUNG 17%

“Setelah ada korban tertarik melakukan pinjaman, pelaku kemudian meminta sejumlah uang sebagai administrasi agar dana yang diajukan korban dapat dicairkan,” kata Ibrahim.
Setelah korban mentransfer dana administrasi tersebut, tutur Ibrahim, pelaku langsung memblokir nomor korban. Jumlah kerugian masih didalami polisi. Termasuk sudah berapa banyak yang menjadi korban atas penipuan ini.
Kasubdit V Cyber Crime Polda Sulsel AKBP Yudha menambahkan, korban dari penipuan ini bukan hanya ada di Sulsel. Tapi juga ada di luar Sulsel, seperti wilayah Ngawi dan Jawa Timur.
“Untuk saat ini baru satu korban yang kita ketahui. Kami masih mendalami terhadap adanya korban lain,” ujar Yudha yang mendampingi Kombes Ibrahim.

Baca Juga : Simpanan Berjangka berhadian mobil/motor TANPA DIUNDI

Guna mempertanggungjawabkan perbuatannya, polisi menjerat Firdaus dengan pasal 25 ayat (2), juncto pasal 29 ayat (1) RI nomor 19 tahun 2016 dengan ancaman hukuman penjara paling lama 12 tahun dan denda Rp12 miliar. (mat/rus)

Sumber :
https://beritakotamakassar.fajar.co.id/berita/2020/01/28/penipuan-daring-berkedok-ksp-sejahtera-bersama/
By ronalyw


Lanjutkan Membaca:

MAXIMALKAN HASIL SIMPANAN ANDA di KSP Sejahtera Bersama:

1. Simpanan Berjangka 12 bulan setara "DEPOSITO" dengan Bagi Hasil 12% /th

2. Simpanan Berjangka 24 bulan LANGSUNG UNTUNG 17% di depan

3. Simpanan Berjangka 24 bulan BERHADIAH LANGSUNG Mobil/Motor TANPA DIUNDI

4. "JELITA" Nabung 5 th jadi 180% dan GRATIS Asuransi 

5. Tabungan Pensiun mulai Rp 100rb/bln

6. Tabungan Pendidikan untuk Keberhasilan Anak 



no. rek ksp sejahtera bersama ksp sejahtera bersama bandung no. telp ksp sejahtera bersama bogor ksp sejahtera bersama semarang apakah ksp sejahtera bersama terdaftar di ojk ksp sejahtera bersama lampung ksp sejahtera bersama solo prestasi ksp sejahtera bersama

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Temukan Investasi Bodong Berkedok Koperasi, Laporkan di Sini

Temukan Investasi Bodong Berkedok Koperasi, Laporkan di Sini Liputan6.com , Jakarta - Kementerian Koperasi dan UKM meminta agar masy...